dejournalindonesia – Waduk Kanaan tidak layak jadi sumber air baku, Faisal usulkan agar waduk dialihkan sebagai polder dan tempat wisata.

“Kualitas airnya tidak layak itu, bisa dimanfaatkan jadi tempat wisata air atau polder,” katanya saat sidak Komisi III beberapa waktu lalu.

Dia menilai jika waduk itu disulap jadi wisata air, kemungkinan besar Bontang akan mendapat satu akses untuk menambah pundi-pundi PAD.

Oleh karena itu, dia meminta pemerintah untuk melakukan perencanaan dan menyiapkan sarana prasarana penunjang.

Sedangkan untuk sumber air bersih, kata Faisal, alternatif terbaik yakni penggunaan bekas lubang tambang milik Indominco, dengan alasan kualitas air sudah lulus uji laboratorium.

Pemberitaan sebelumnya, Beragam pilihan kini mulai mencuat untuk mengatasi krisis air bersih di Kota Bontang. Bukan cuman bekas lubang galian tambang milik Indominco Mandiri (IMM) dan waduk Marang Kayu, kini waduk Kanaan juga masuk nominasi.

Meninjau langsung ke lokasi, Komisi III DPRD Bontang menilai waduk di Kanaan jauh dari kata layak.

Sebab, air yang tersedia di waduk tersebut berwarna kecoklatan. Selain itu dekat dengan peternakan warga. Dikhawatirkan banyak limbah kotoran ternak yang dibuang di lokasi tersebut.

“Kecil kemungkinan bisa digunakan dengan kualitas air seperti itu,” kata ketua Komisi III, Amir Tosina saat Sidak ke Waduk Kanaan di Jalan Soekarno Hatta, Bontang Barat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *