DPD PDIP Kaltim Laporkan Akun Penyebar Hoax Ke Polresta Samarinda

Wakil Ketua Bidang Hukum dan Perundang -undangan DPD PDIP Kaltim Roy Hendrayanto

dejournalindonesia – Dewan Pimpinan Daerah (DPD ) PDI Perjuangan Provinsi Kaltim melaporkan berapapa akun media sosial ke Polresta Samarinda terkait berita bohong, Senin (14/9/2021). Akun media sosial itu mengabarkan informasi, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati meninggal dunia.

Wakil Ketua Bidang Hukum dan Perundang -undangan DPD PDIP Kaltim,Roy Hendrayanto melaporkan sebanyak enam akun dan satu media portal yang menyebarkan berita hoaks tersebut di group Whatsapp.

Roy mengatakan bahwa akun tersebut telah secara sengaja dan tidak bertanggung jawab telah menyebarkan berita tidak benar atau hoaks.

“Akun tersebut menyebarkan berita bahwa Ketua Umum PDIP Megawati telah meninggal dunia,dan nama palang merah indonesia pun turut dicatut dalam ucapan belasungkawa,”ujarnya.

Ia pun menambahkan ada tiga akun whatsapp yang turun dilaporkan,dan diunggah lagi dalam bentuk format video youtube. Serta cuplikan video tersbut diunggah dangan kabar Megawati sedang koma dan dirawat di RSPP.

Dalam laporannya, Roy menjelaskan tindakan tersebut telah melanggar Pasal 27 Ayat (3), Pasal 28 Ayat (2), Pasal 40 Ayat (2) Undang-Undang 19/2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik Jo Pasal 390 KUHPidana tentang Berita Bohong, Jo Pasal 14 dan Pasal 15 Undang-Undang 1/1946 tentang Peraturan Hukum Pidana. Dibuktikan dengan unggahan dan unduhan masing-masing pemilik akun di berbagai platform tersebut. Sedangkan pemberitaan dari portal berita dimaksud, melanggar Pasal 1 dan Pasal 4 Peraturan Dewan Pers Nomor: 6/Peraturan-DP/V/2008 tentang Pengesahan Surat Keputusan Dewan Pers Nomor 03/SK-DP/III/2006 tentang Kode Etik Jurnalistik.

Roy berharap polresta Samarinda bisa menyelesaikan masalah ini hingga tuntas, apabila laporan ini berujung permintaan maaf, kemungkinan bisa saja terjadi.

“persoalan meminta maaf itu belakangan yang terpenting saat ini adalah penegakkan hukum dulu ibu Mega itu sangat bijaksana pasti akan memaafkan,”ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous post Wujudkan Swasembada, Mentan SYL Pastikan Stok dan Tingkatkan Kapasitas Produksi Pupuk
Next post Luar Biasa, Kontingen Bontang Raih Juara Umum Lomba Permainan Rakyat antar SMA/SMK Se Kaltim