Samarinda dejournalindonesia – Sejak pukul 07.00 Wita, ribuan orang berdatangan dan langsung memenuhi parkiran salah satu mall tertua di kota Samarinda, yakni Lembuswana Mall. beberapa waktu yang lalu

“Kami menyiapkan dua ribu dosis vaksin jenis Sinovac yang akan diberikan kepada masyarakat melalui vaksinasi yang kami gelar bersama Polri,” ujar Fajri Alfarobi

Ketua Pimpinan Wilayah Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kaltim ini menjelaskan program vaksinasi merdeka digelar serentak di Seluruh Indonesia oleh Polri bersama BEM dan Organisasi Kepemudaan (OKP).

“Kami telah menyiapkan data sejak tiga bulan lalu, dan ini adalah pelaksaan kedua dari sebelumnya kami laksanakan vaksinasi tahap pertama dosis ke satu sebanyak 1.500 orang, dan hari ini sebanyak 2 ribu orang dengan dosis pertama juga,” ungkap Robi panggilan karibnya.

Terdapat dua tempat pendaftaran ulang peserta. Ditenda pertama terdapat empat meja panitia yang terdiri dari masing-masing dua orang petugas administrasi, sama halnya di tenda lainnya terdapat empat meja registrasi.

“Setiap peserta yang terdata telah kami hubungi dan masukkan dalam grup WA, kemudian kami bagi sesuai dengan Gate yang mereka dapatkan di grup, sehingga saat pendaftararan ulang, peserta tidak lagi berebutan,” ujar Ghina sebagai petugas registrasi.

Kegiatan vaksinasi berlangsung di dua tempat dengan lokasi yang sama. Menurut Ketua Gerakan Angkatan Muda Indonesia (GAMKI) Kaltim, Nixon Butarbutar, ada 8 tim kesehatan yang membantu jalannya proses vaksinasi, terbagi menjadi dua tempat.

“Untuk 5 tim nakes berada di atrium lantai 1 mall lembuswana dan 3 tim nakes lainnya berada di lantai tiga. Tempatnya kami pecah dua agar masyarakat juga tidak terlalu berdesakan dengan pengunjung mall,” kata Nixon.

Selain itu, lanjutnya, Samarinda telah memasuki level dua sehingga masyarakat juga perlu mengetahui bahwa tempat belanja di kota tepian ini telah dibuka kembali, sehingga roda perekonomian dapat kembali berputar.

“Selama ini kan tutup karena ada aturan, sekarang sudah buka, dan masyarakat dapat beraktifitas kembali,” tambahnya.

OKP yang tergabung di dalam Pemuda Lintas Agama ini terdiri dari GP Ansor Kaltim, Pemuda Muhammadiyah Kaltim, GAMKI Kaltim, Pemuda Katolik Kaltim, Perhimpunan Pemuda Hindu (Peradah) Kaltim dan Pemuda Agama Khonghucu Indonesia (Pakin) Kaltim.

Sementara itu, Kapolres Kota Samarinda, Kombes Pol Arif Budiman, dalam lawatannya mengapresiasi kerja sama Pemuda Lintas Agama yang turut membantu Polri dalam upaya mempercepat dan mencapai target dua juta dosis dalam sehari se Indonesia.

“Vaksinasi merdeka ini dilaksakan secara serentak dengan merangkul Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Organisasi Pemuda se Indonesia. Dan disini diwakili oleh teman-teman pemuda yang luar biasa dari berbagai organisasi agama,” ujarnya saat melakukan peninjauan lapangan.

Tak ketinggalan Wakil Gubernur Kaltim, Hadi Mulyadi turut datang menyapa warga masyarakat yang sedang melakukan antrian dan vaksinasi merdeka di Mall Lembuswana. Kedatangannya yang masuk diantara antrian membuat masyarakat sontak kaget dan banyak diantaranya meminta melakukan swafoto bersama orang nomor dua Kaltim ini.

“Ya Allah, saya kaget, kirain siapa ini kok main terobos antrian, ternyata pak wakil gubernur, langsung saya ajak foto saja, dan syukurnya beliau ramah dan mau diajak selfi,” ungkap Tari salah satu peserta vaksin.

Menurut Hadi Mulyadi, vaksinasi merdeka yang digarap pemuda lintas agama ini merupakan kekuatan energi positif dalam mewujudkan Herd Immunity.

“Kami mewakili pemerintah provinsi sangat berterima kasih dengan organisasi pemuda lintas agama ini, yang turut membantu pemerintah untuk menuntaskan permasalah covid-19 ini, ini luar biasa dan saya kagum,” ujar Hadi Mulyadi.

Acara yang digelar hingga pukul 15 sore hari berjalan dengan tertib dan rapi. Antrian dengan berjarak, kursi disusun berjarak dan setiap peserta wajib menggunakan hand sanitizer yang disediakan di pintu masuk. Selain itu, juga dilakukan video conference dengan Kapolri dan Presiden Indonesia, Joko Widodo.

“Total vaksin yang terdistribusi hari ini bahkan melebih target dari 2000 vaksin menjadi 2017 vaksin, kekurangannya ditambah dari tim nakes. Alhamdulillah berjalan lancar, dengan kesigapan teman-teman panita dan kerjasama dari pihak pengelola,” ujar Ketua Pemuda Muhammadiyah Kaltim, Muhadi Sucipto.

Dirinya menambahkan, vaksinasi merdeka terlaksana juga atas dukungan Pihak Polri, Bank BNI dan Manajemen Lembuswana Mall.

“Atas nama Pemuda Lintas Agama kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, sehingga acara ini terselenggara dengan baik,” tambahnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *