World Rabies Day Pemkot Bontang Gelar Vaksin Rabies Gratis

Bontang – Pemerintah Kota Bontang gelar Peringatan Hari Rabies Sedunia (World Rabies Day) Tahun 2021. Kegiatan berlangsung terpusat di lapangan Stadion Lang-lang, Selasa (28/09/2021) pagi.

Pemkot pun menyediakan 100 vaksin rabies gratis sebagai bentuk komitmen pemerintah dalam mencegah penyebaran rabies.

Karena hampir 98 persen penyebab penularan rabies melalui gigitan hewan seperti anjing, kucing dan kera.

Dalam sambutannya Basri Rase Walikota Bontang mengatakan penyakit rabies atau biasa dikenal dengan anjing gila adalah penyakit yang masih menjadi ancaman bagi kesehatan.

Wali Kota, Basri Rase mengatakan rabies atau lebih dikenal dengan anjing gila adalah penyakit zoonosis yang masih menjadi ancaman penyakit kesehatan.

“Yang bebas rabies rabies Riau, Bangka Belitung, Papua Barat, DKI Jakarta, Papua, Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jawa Timur. Sementara untuk Kaltim yang masuk kategori tertular Bontang, Penajam Paser Utara, Samarinda, Balikpapan, Kukar, Kubar dan Kutim,” sebut Basri saat membuka pelaksanaan hari peringatan Rabies Se dunia.

Kata dia, dalam memerangi Hewan Pembawa Rabies (HPR) di Bontang, pemerintah melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Peternakan (DKP3) bakal giat melakukan sosialisasi, survelens dan vaksinasi rabies masal. Bagi hewan kera, anjing dan kucing secara gratis.

Capaian vaksinasi bagi HPR di tahun 2021 saat ini baru mencapai 20,24 persen. Atau 1100 ekor dan 5.435 ekor HPR.

“Kendalanya selain Covid-19, rendahnya HPR yang divaksin juga dipengaruhi minat masyarakat untuk vaksin hewan kesayangannya (peliharaan). Saya minta warga untuk aktif turut memerangi rabies, di Bontang khususnya.

PLT Kepala DKP3 Kota Bontang, Eddy Forestwanto menyampaikan, dalam perhelatan hari rabies se dunia pihaknya menyediakan ratusan vaksin rabies gratis dan bebrbagai kegiatan lainnya.

“Vaksin kami sediakan 100 dosis hari ini dan gratis,” sebutnya.

Dalam peringatan hari rabies dunia ini juga dibarengi dengan berbagai kegiatan, seperti vaksinasi rabies masal, lomba puisi lomba mewarnai, lomba catwalk bersama hewan kesayangan, lomba foto dengan hewan kesayangan dan lomba kesejahteraan hewan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous post 96 Titik Polri Gelar Vaksinasi Merdeka Serentak Se-Indonesia Salah Satunya di Mall Lembuswana
Next post Mini Turnamen IGB × Gardu Creative Bangkitkan Kembali Player Esport Bontang