21,35% Wilayah Indonesia Memasuki Musim Penghujan

Foto Ist

dejournalindonesia – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan, berdasarkan jumlah ZOM (Zona Musim) sebanyak 21,35% wilayah Indonesia telah memasuki musim hujan.

“Berdasarkan jumlah ZOM, sebanyak 21,35% wilayah Indonesia sudah masuk musim hujan,” tulis BMKG dalam keterangannya, Senin (25/10/2021).

Wilayah yang sedang mengalami musim hujan yakni Aceh bagian tengah, Sumatera Utara, sebagian besar Riau, Sumatera Barat, Jambi, sebagian besar Sumatera Selatan, Lampung bagian barat, Banten bagian timur, Jawa Barat bagian selatan, Jawa Tengah bagian barat, sebagian kecil Jawa Timur bagian selatan.

Kemudian sebagian Bali, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, sebagian besar Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan bagian selatan dan timur, Kalimantan tengah bagian timur, Pulau Taliabu, Pulau Seram bagian selatan, dan Papua bagian tengah.

Sementara itu, meski hujan telah turun di beberapa daerah, masih 78,65% dari jumlah ZOM yang ada di Indonesia mengalami musim kemarau dan sejumlah 7 daerah tidak mengalami hujan lebih dari 2 bulan.

BMKG mengatakan tujuh daerah yang sudah lama tidak mengalami hujan hingga berada pada kategori panjang ekstrem tersebar di 2 provinsi, yakni NTB: Bima (196 hari), Lombok Timur (75 hari); NTT: Sumba Timur (196 hari), Rote Ndao (122 hari), Kupang (117 hari), Sabu Raijua (115 hari), Lembata (114 hari).

Sumber berita : Okezone telah terbit dengan judul BMKG: 21,35% Wilayah Indonesia Masuki Musim Hujan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous post Jokowi Melantik 17 Duta Besar RI yang Baru Ini Daftar Lengkapnya
Next post Apakah Kelangkaan Solar Gara-gara Banyak Permintaan?