dejournalindonesia – MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno meminta para pengelola desa wisata agar bersiap diri. Hal ini terkait menjelang dibukanya kembali wisatawan mancanegara ke Indonesia. Selain itu terdapat juga aspek protokol kesehatan lewat penerapan CHSE (Cleanliness, Health, Safety and Environment Sustainability) yang terintegrasi dengan Aplikasi PeduliLindungi.

Selain itu terdapat juga aspek protokol kesehatan lewat penerapan CHSE (Cleanliness, Health, Safety and Environment Sustainability) yang terintegrasi dengan Aplikasi PeduliLindungi.

Ia mengatakan, kedatangan wisatawan akan secara langsung memulihkan perekonomian, khususnya bagi masyarakat setempat. Sehingga nantinya peluang usaha dan lapangan kerja akan kembali terbuka bagii masyarakat.

 “Ini harapan kita untuk memulihkan ekonomi dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya,” ujar Sandiaga dalam keterangan resminya saat menyerahkan penghargaan 50 desa wisata terbaik kepada pengelola Desa Wisata Sesaot, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Ia menegaskan, protokol kesehatan serta protokol karantina harus dipatuhi secara disiplin oleh seluruh pelaku perjalanan luar negeri, khususnya wisatawan mancanegara.

Wisatawan mancanegara harus memenuhi persyaratan, yakni mendapatkan dosis vaksin Covid-19 lengkap serta menjalani masa karantina selama tiga hari setibanya di Indonesia.

 Hal tersebut dijelaskannya merujuk Surat Edaran Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Nomor 20 Tahun 2021 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Internasional pada Masa Pandemi Covid-19.

“Kuncinya adalah Covid-19 yang terkendali. Saya berharap ketentuan ini dipatuhi seluruh anggota masyarakat yang melakukan perjalanan luar negeri maupun WNA,” jelasnya.

Meski begitu, dirinya mengimbau pengelola desa wisata juga mengembangkan diri untuk wisatawan Nusantara atau domestik. Alasannya karena wisatawan Nusantara memiliki potensi kunjungan yang sangat besar.

Terlebih, NTB menjadi tuan rumah dari gelaran MotoGP Mandalika, World Superbike serta G-20 tahun 2022 mendatang.  “Jadi, akan banyak sekali nanti event-event yang berlangsung di NTB. Kita harapkan juga mampu membuka peluang untuk bangkit, ekonomi bergerak kembali dan lapangan kerja terbuka,” tutup Sandi.

Sumber berita: Okezone telah terbit dengan judul Sandiaga Uno Minta Desa Wisata Bersiap Sambut Kedatangan Turis Asing



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *