Anggaran Penanganan Banjir DPRD Sepakat Alokasikan 10 Persen dari APBD

Dejournalindonesia – Banjir merupakan bencana alam yang paling sering terjadi di Kota Bontang saat  curah hujan sangat tinggi.

Ketua DPRD Bontang,Andi Faizal Sofyan Hasdam mengatakan, banjir yang sering terjadi di kota Bontang adalah persoalan serius dan harus segera ditangani.

Dia pun menjelaskan jika tidak mendapat penangganan serius tidak kemungkinan beberapa tahun kedepan debit air akan semakin bertambah parah.

Faiz juga menyayangkan bahwa program jangka pendek pemerintah terkait penurapan sungai Bontang,hingga kini tak terealisasi.Padahal DPRD sudah mealokasikan anggaran penangganan banjir sebesar 10 persen yang diambil dari APBD.

Dikatakan, jumlah 10 persen itu, secara akumulatif, berasal dari Bankeu pusat dan provinsi. Begitupun, dana produta diproyeksi untuk penanganan drainase, normalisasi sungai, dan pembangunan turap sungai di Bontang.

“Anggaran ada Rp23 miliar tetapi terhenti, itu bisa menjadi solusi untuk membangun drainase agar aliran air bisa lancar,”ujarnya.

Andi Faiz pun meminta pemkot segera mengambil keputusan agar dapat menyelesaikan masalah banjir di Kota Bontang.

 “Jangan hanya sekedar retorika. Ada alokasi anggaran sebesar 10 persen dari APBD Bontang 2021. Tetapi nyatanya sampai sekarang belum terealisasi,” pungkasnya. 

Meski keuangan daerah terbatas Ia pun, mengingatkan agar pemkot dapat memenuhi janjinya, Karena kebijakan itu disampaikan saat pilkada beberap waktu lalu.

Untuk itu Andi Faiz meminta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bontang, untuk  dapat merealisasikan program kerjanya. Sebab dikatakan pada tahun 2022 mendatang, pembahasan anggaran masih belum diketok palu. Mengacu dalam kebijakan umum anggaran dan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) karena tidak mencapai 10 persen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous post Bontang Pasca Migas, Rustam Dorong Bapenda Mencari Sumber Pajak yang Belum Tersentuh
ilustrasi Next post Waspada Resepsi dan Makan di Restoran IDI Ingatkan Gelombang Tiga Covid-19