Timnas Indonesia Tumbangkan Singapura 4-2

Dejournalindonesia – Tim Nasional (Timnas) Indonesia memastikan diri ke final Piala AFF 2020 usai menang 4-2 atas Singapura di leg kedua semifinal yang dihelat pada Sabtu 25 Desember 2021. Melihat keberhasilan Timnas Indonesia, mantan penggawa skuad Garuda, Kurniawan Dwi Yulianto merasa senang, tapi ia menyoroti satu kelemahan yang dimiliki tim asuhan Shin Tae-yong itu.

Kelemahan yang dimaksud adalah lemahnya pertahanan Timnas Indonesia saat menghadapi bola-bola mati.

Ia pun menyarankan agar Evan Dimas dan kawan-kawan menghindari melakukan pelanggaran yang tidak perlu di dekat area penalti. Seperti yang diketahui, Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan sukses mengusir Singapura di babak semifinal. Bertarung dalam dua leg, mereka sukses menumbangkan tuan rumah lewat agregat 5-3.

Pada leg kedua, skuad asuhan Shin Tae-yong menang secara dramatis. Mereka dipaksa bermaing hingga babak tambahan hingga akhirnya menang dengan skor 4-2.

Pada laga tersebut, tim Merah-Putih sejatinya nyaris kalah. The Lions -julukan Timnas Singapura yang bermain dengan sembilan pemain terus menebar ancaman lewat daya juang dan determinasi yang tinggi.

 Tekanan mereka berujung bahaya. Barisan pertahanan Indonesia pun sampai membuat sejumlah pelanggaran yang berujung fatal. Hasil itu pun terbukti lewat dua gol tim tuan rumah yang berasal dari skema tendangan bebas.

Sebab dari itu, Kurniawan meminta Asnawi dan kolega untuk tetap tenang di atas lapangan meski dalam tekanan. Sebisa mungkin, mereka jangan sampai melakukan pelanggaran di dekat kotak penalti.

“Pemain kita tidak boleh melakukan banyak foul di dekat area kotak penalti karena sangat berbahaya,” kata Kurniawan kepada MNC Portal Indonesia, Minggu (26/12/2021).

Tentunya, hal tersebut akan dievaluasi oleh pelatih asal Korea Selatan tersebut. Sebelum semifinal pun ia sempat menekankan kepada anak asuhnya untuk menjauhi pelanggaran dan kartu kuning.

Di sisi lain, hasil itu tetap harus diapresiasi karena putra-putra terbaik bangsa sudah berjuang keras demi tiket Final Piala AFF 2020. Kurniawan pun berharap mereka bisa cepat memulihkan kondisi untuk kembali berjuang di partai puncak.

 “Secara hasil patut kita syukuri karena kita bisa masuk final,” sambung Kurniawan.

“Tapi tentu ini pertandingan yang sangat melelahkan agar pemain bisa kembali bugar saat melawan Thailand atau Vietnam nanti,” imbuhnya.

Sebagai informasi tambahan, pemain yang pernah malang melintang di sepakbola luar negeri itu menyimpan fakta menarik. Dirinya masih menyandang status pencetak gol terbanyak untuk Indonesia di Piala AFF, dengan torehan 14 gol.

 Tentunya di masa depan diharapkan ada pemain Timnas Indonesia yang bisa melewati catatan rekor Kurniawan tersebut.


Sumber berita : Okezone telah terbit dengan judul Timnas Indonesia Tumbangkan Singapura, Kurniawan Dwi Yulianto Minta Skuad Garuda Tak Lakukan Ini saat di Final

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Previous post Kasus Pencabulan anak Di Bawah Umur oleh Kakek Tirinya Masuk Tahap Pelengkapan Berkas
Next post Anggota DPR RI Safaruddin Gelar Reses di Bontang, Berbagi Sembako di Lima Titik Kota Taman