Sidang Isbat Akan Digelar Pada Jumat 1 April 2022

Ilustrasi

Dejournalindonesia – Sidang Isbat akan digelar pada Jumat, 1 April 2022 atau bertepatan dengan 29 Syakban 1443 Hijriah oleh Kementerian Agama (Kemenag) RI. Sidang Isbat akan dilakukan secara Hybrid dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan (Prokes).

Sidang isbat secara luring akan digelar di Auditorium HM. Rasjidi Kemenag, Jalan MH. Thamrin, Jakarta. Sementara, sebagian peserta lainnya, dapat berpartisipasi telekonferensi melalui jaringan internet (daring).

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Kemenag, Adib mengatakan gelaran sidang Isbat ini sesuai Fatwa MUI Nomor 2 Tahun 2004 tentang Penetapan Awal Ramadan, Syawal, dan Zulhijah. Dimana sidang isbat selalu digelar pada tanggal 29 bulan sebelumnya pada kalender hijriah.

Pada sidang Isbat ini juga akan melibatkan duta besar negara sahabat, dan perwakilan ormas Islam, perwakilan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), dan undangan lainnya.

“Kami juga mengundang pimpinan MUI dan Komisi VIII DPR RI untuk hadir dalam sidang,” tutur Adib dikutip dalam keterangan resminya, Rabu,(30/03/2022).

Lebih lanjut, Adib menyampaikan pelaksanaan sidang Isbat akan dibagi menjadi tiga tahapan yaitu penetapan awal, pelaksanaan dan hasil sidang Isbat yakni sebagai berikut:

1. Pada tahap pertama, Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag akan memberikan pemaparan posisi hilal awal Ramadan 1443 H berdasarkan hasil hisab (perhitungan astronomi). Pemaparan dilakukan mulai pukul 17.00 WIB yang akan disiarkan melalui live streaming.

2. Pelaksanaan sidang Isbat Awal Ramadan 1443 Hijriah digelar secara tertutup setelah Salat Magrib. Selain data hisab (informasi), sidang isbat juga akan merujuk pada hasil rukyatul hilal (konfirmasi) yang dilakukan Tim Kemenag pada 101 lokasi di seluruh Indonesia.

Lalu secara hisab, kata Adib, semua sistem sepakat bahwa ijtimak menjelang Ramadan jatuh pada Jumat, 1 April 2022 M atau bertepatan dengan 29 Syakban 1443 H sekitar pukul 13.24 WIB. Dimana ketinggian hilal di seluruh wilayah Indonesia sudah di atas ufuk, berkisar antara 1 derajat 6,78 menit sampai dengan 2 derajat 10,02 menit.

3.Tahap ketiga, telekonferensi pers hasil sidang isbat akan disiarkan secara langsung oleh TVRI dan media sosial Kemenag.

Sumber berita :Okezone telah terbit dengan judul Sidang Isbat Digelar Hari Jumat, Begini Tahapan Penentuan Awal Ramadan 1443 H

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous post Terkait Aturan Prokes Mudik Lebaran Pemprov Kaltim Tunggu Surat Edaran Satgas Covid Nasional
Next post Nahdlatul Ulama Tetapkan 1 Ramadhan Minggu 3 April 2021