Sejarah Mods hingga Mendunia, Kenapa Identik dengan Vespa?

foto: Istimewa

Dejournalindonesia – Siapa nih yang dari dulu hingga sekarang masih jatuh hati kepada Vespa? Tentunya banyak dong, ya. Tapi kamu tau gak sih di balik ketenarannya, ternyata skuter ini tercetak dalam sejarah subkultural ‘Mods, lho!

Mungkin sebagian orang dan bahkan pengguna Vespa sendiri juga masih asing dengan kata ‘Mods’. Secara singkatnya, Mods merupakan salah satu subkultural yang terlahir pasca perang di Inggris pada tahun 1958.

Mods ini berawal dari perkumpulan buruh anak muda kalangan menengah ke bawah yang didiskriminasi oleh masyarakat karena derajatnya tidak sebanding kaum bangsawan.

Nah, karena hal tersebut mereka mulai melakukan pergerakan dengan menciptakan sub-kultural bernama Mods. Oya, Mods berasal dari kata ‘modernist’ yang artinya tampil dengan gaya modis atau modern.

Hal ini lah yang menjadikan bentuk perlawanan mereka agar tidak diremehkan oleh masyarakat, sehingga derajatnya terlihat setara dengan bangsawan. Saat ini Mods sudah menjalar ke berbagai penjuru dunia. Komunitasnya pun banyak di Indonesia, lho.

Lalu apa ya hubungan Mods dengan Vespa dan apa keunikannya?

1. Vespa merupakan motor termurah pada masanya

Sepertinya saat ini ketika melihat orang menggunakan Vespa apalagi yang berjenis matik dipikiran kita pasti sudah mewah dan pasti harganya mahal, ya. Namun, beda cerita dengan pada 1950-an, karena saat itu Vespa dijual dengan harga yang sangat murah, maka kaum buruh anak muda sanggup untuk membelinya.

Lantas apakah Vespa ini digunakkan hanya untuk pulang pergi saja dan melambangkan bawa mereka merupakan bagian Mods ? Oh, tentunya tidak. 

Vespa ini dilambangkan sebagai wujud The Mods atau anak Mods dalam mengekspresikan gayanya dengan hidup di luar, yaitu selayaknya anak muda yang nongkrong bersama kawannya di jalan menggunakan Vespa selepas mereka pulang kerja dan tentunya melakukan aktivitas bebas lainnya seperti keliling kota, nonton acara musik, dan berdansa.

2. Sebagai identitas sebagian pengguna Vespa

Di Indonesia sendiri sudah banyak komunitas Mods yang terlahir di berbagai daerahnya, dengan berlandaskan sejarah Mods mungkin sudah menjadi hal yang melekat pada The Mods Indonesia.

 Jika kamu pernah melihat, pengguna Vespa mengenakan jaket Parka, celana slim fit, dan sepatu boots pastinya sangat unik, ya? Belum lagi dengan motor Vespanya yang dimodifikasi dengan berbagai komponen yang ramai di bagian eksteriornya dari spion hingga bodi.

Nah, pengguna Vespa tersebut biasa disebut The Mods atau yang menganut subkultur Mods. Biasanya juga The Mods ini mendengarkan soul, ska, R&B,  dan jazz modern. Karena hal ini tentunya merupakan pergerakan dari kaum Mods tersendiri pada masanya

3. Identik dengan hari buruh

Sejak awal tadi dijelaskan bahwa mods berawal dari kaum buruh, maka tidak heran jika kamu pernah melihat segerombolan vespa mods berkeliaran saat hari buruh setiap 1 Mei. Biasanya komunitas mods di Indonesia akan menjalankan acara tersebut dengan sebutan Mods May Day.

Mods Mayday ini merupakan ajang solidaritas untuk para pencinta subkultur Mods dan pecinta Vespa berkumpul. Gerakan ini selalu dirayakan pada peringatan hari buruh serta identik dengan gaya berpakaian necis, musik dan Vespa. Tentunya hari tersebut sangat ditunggu-tunggu oleh The Mods.

Sumber: IDN TIMES

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous post Anda Fotografer Wedding Ini 5 Rekomendasi Jenis Lensa untuk Foto Wedding
Next post Berenang di Sungai Swiss Anak Sulung Ridwan Kamil Hilang