Sejak Pemberlakuan PBG, PUPRK Catat Baru 2 Pemohon yang Terbit Izinnya

foto : Ilustrasi

Dejournalindonesia – Sejak Agustus 2021 pengurusan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) berubah menjadi Persetujuan Bangunan Gedung (PBG), Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota (PUPRK) mencatat baru 2 pemohon yang terbit izinnya.

Hal tersebut diungkapkan Sub Koordinator Pengendalian Bangunan dan Ruang Kota PUPRK Bontang, Eko Yudhowo kepada redaksi, Rabu (10/8/2022).

Pihaknya tak menampik jika banyak menerima keluhan masyarakat soal rumitnya mengurus PBG pasalnya harus melibatkan konsultan persencanaan.

“Dari sekitar 70an pemihon baru 2 yang sudah terbit izinnya, dan ada 5 diantaranya dalam proses dengan konsultan. Artinya masih banyak yang harus dilengkapi pemohon,” ucapnya.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan jika masyarakat terkendala dengan persyaratan harus menggunakan jasa konsultan dan itu butuh biaya. Maka dari itu pihaknya menyiapkan alternatif lain yakni desain prototipe.

“Jasa konsultan ini juga menjadi syarat utama namun kami sarankan untuk menggunakan prototipe tapi belum tentu diterima karena itu berasal dari pemerintah pusat,” jelasnya.

Senada, Sub Koordinator Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan Pembangunan DPMPTSP Kota Bontang, Idrus menyampaikan jika masih banyak berkas pemohon PBG yang tertolak lantaran persyaratan belum terpenuhi.

“Ini baru 2 yang terbit izinnya. Banyak berkas yang dikembalikan karena belum lengkap,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Previous post IMB Berganti jadi PBG, PUPRK Masih Terus Lakukan Sosialisasi ke Masyarakat
Next post Jalan Alternatif Guntung Belum Berkontrak, PUPRK : Pemilik Lahan Berubah Pikiran